• 30 November 2020 2:20 am

Website Resmi

#Ayo Ke Cirebon Kota Dengan Sejuta Cerita

“Cuplikan Sejarah Singkat Kuliner Khas Kota Cirebon”

Byadmdkokpcirbnkota

Nov 11, 2020

Berlibur ke Kota Cirebon tak lupa Pastinya untuk menjelajahi wisata-wisata yang akan memanjakan mata kita. Selain wisatanya, akan lebih lengkap jika menjajah pula kuliner khasnya. Di Kota Udang ini, ada berbagai macam pilihan Kuliner Khas dari Kota Cirebon yang bahkan sangat legendaris. Tak hanya rasanya yang nikmat, makanan makanan Khas Kota Cirebon ini mempunyai ciri khas nya masing masing dari setiap makanannya. Juga sejarah yang cukup unik jika kita ulik, Seperti contohnya Sega Jamblang.

Sega Jamblang adalah salah satu makanan khas dari Kota Cirebon yang cukup unik serta legendaris. Nama Sega Jamblang konon berasal dari sebuah nama desa di sebelah barat Kota Cirebon, yakni Desa Jamblang. Pada awalnya Sega Jamblang ini diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon. Alat pembungkus yang digunakan juga unik yaitu dibungkus menggunakan Daun Jati, yang dipercaya akan membuat makanan lebih tahan lama dan tetap terasa pulen dibandingkan dibungkus menggunakan daun pisang. Hal ini dikarenakan Daun Jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga.

Cukup unik bukan? Tak banyak orang yang tahu asal usul makanan-makanan khas dari Kota Udang ini. Kebanyakan dari mereka hanya langsung mencicipinya saja. Padahal jika kita mengulik terlebih dahulu itu akan membuat rasa makanan itu menjadi lebih bermakna.

Nah buat yang masih penasaran seputar video cuplikan sejarah singkat makanan khas Kota Cirebon selain Sega Jamblang, langsung saja Markicekkk~
Berikut linknya>>>>>>>

https://youtu.be/Sytu7fHHzGc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *